Pesta Belanja Online Segera Digelar

Pesta Belanja Online Segera Digelar

  • Friday, Jun 29, 2018
  • by admin, 869 Views

Jakarta – MasterCard Indonesia menggandeng Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) untuk meluncurkan Pesta Belanja Online. Program tersebut merupakan kerja sama dengan 14 merchant terkemuka di tanah air yang diharapkan dapat meningkatkan transaksi elektronik (online) di Indonesia.

Vice President and Country Manager MasterCard Indonesia Irni Palar mengatakan, merupakan suatu kehormatan bagi MasterCard melakukan kerja sama dengan idEA. Kemitraan strategis keduanya berjalan dari Agustus 2014-Januari 2015. Tujuan program ini adalah mendorong dan membangun transaksi elektronik di Indonesia.

Pesta Belanja Online juga merupakan salah satu bentuk komitmen MasterCard dalam mengembangkan potensi e-commerce (pedagang elektronik) di Indonesia. “MasterCard selalu berusaha memberikan solusi pembayaran elektronik yang cepat, aman, dan nyaman, melalui dukungan infrastruktur jaringan yang kuat dan kemitraan dengan bank-bank di Tanah Air. Program ini adalah bentuk kontribusi Mastercard untuk mendukung program Bank Indonesia (BI), less cash society,” ujar Irni di Jakarta, Kamis (7/8).

Apabila dibandingkan dengan negara maju, jelas Irni, transaksi elektronik bukan hal yang asing lagi di Indonesia. Namun, banyak hal yang harus mereka pelajari. Pemilihan idEA sebagai mitra bisnis berdasarkan banyak pertimbangan, salah satunya adalah di dalam Asosiasi E-commerce Indonesia itu tergabung merchant-merchantpopuler dan besar. “Kita pun mendukung program kerja idEA. Karena menurut kami bagus sekali. Edukasinya dilakukan tidak hanya dilakukan untuk masyarakat, tetapi untuk perusahaan-perusahaan yang tergabung di organisasi tersebut,”ungkap dia.

Menurut MasterCard Online Shopping Behavior Study, sistem konvensional seperti uang tunai masih mendominasi sistem pembayaran online shopping di Indonesia jumlah 37,9 persen. Kemudian transfer tunai antar bank sebesar 27,5 persen. Sementara itu, berdasarkan survei MasterCard yang dilaksanakan di 14 negara Asia Pasifik, terdapat tiga faktor utama yang menentukan pembeli melakukan belanja online. Faktor tersebut,antara lain metode pembayaran yang nyaman (92,6 persen), kecepatan transaksi (92,2 persen) dan fasilitas pembayaran yang aman (92 persen). Adapun, tambahan data dari MasterCard bahwa 83,9 persen dari masyarakat Indonesia memilih online shopping karena adanya penawaran yang menarik.

Pada kesempatan sama, Wakil Ketua idEA sekaligus Chief Executive Officer Lojai.com (online departemen store) Agus Tjandra mengatakan, semua e-commerce yang menjadi anggota dari di idEA adalah legal. Sampai dengan hari ini pihaknya memiliki 75 anggota yang terdiri dari bank, e-commerce, maupun PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). Menurut dia, e-commerce dalam lima tahun mendatang akan menjadi lifestyle.

“Harapan saya ke depan, Indonesia merupakan salah satu negara pemain e-commerce yang dipandang di seluruh dunia,” ujar Agus.

 

source : http://www.beritasatu.com/industri-perdagangan/201310-pesta-belanja-online-segera-digelar.html